Buat Anda yang bertanya-tanya, apakah freon AC bisa habis? Baca artikel ini karena akan ada jawaban dan penjelasan lengkapnya. Perlu Anda ketahui bahwa freon merupakan salah satu komponen AC yang paling awet dan biasanya bisa bertahan hingga 3 tahun.

Namun ternyata ada beberapa penyebab freon AC cepat habis dalam waktu singkat. Tentu saja freon menjadi elemen penting agar kinerja AC dapat berjalan maksimal. Jika freon habis maka akan berdampak pada suhu ruangan yang tak lagi sedingin suhu yang tertera pada remote.

Apa Itu Freon?

Freon atau dikenal juga dengan refrigerant-22 merupakan gas chlorofluorocarbon (CFC) yang berfungsi sebagai gas pendingin untuk berbagai skala penggunaan mulai dari rumah tangga hingga industri. 

Penggunaan freon pada AC memerlukan komponen kompresor dan koil agar dapat berfungsi secara maksimal. Kompresor berfungsi menahan freon agar suhunya menjadi sangat panas. 

Selanjutnya kumparan akan mengubah gas panas menjadi cairan yang akan menyerap panas dari luar dan kemudian mengubahnya menjadi udara dingin yang keluar dari komponen AC dalam ruangan. 

Masalah isi freon AC yang habis akan menyebabkan AC tidak dingin bahkan berisiko menyebabkan keracunan.

Apakah Freon AC Bisa Habis?

Jika ada yang bertanya mengenai bisa atau tidaknya freon AC habis, maka jawabannya freon AC bisa habis. Faktanya, freon AC bisa cepat habis dalam waktu singkat jika terjadi beberapa penyebab berikut ini:

1.Sistem AC tidak Dirawat

Gas freon dapat cepat berkurang jika sistem AC tidak dirawat dengan baik. Jika AC dibiarkan menyala terus menerus selama berjam-jam, berhari-hari bahkan berbulan -bulan, akibatnya sistem bisa mengalami kebocoran karena AC tidak dimatikan.

Jadi solusinya, AC harus diservis secara berkala, dan sebaiknya hanya dinyalakan saat memang diperlukan saja.

2. Pengisian Freon yang Salah

Pengisian freon yang salah juga dapat menjadi jawaban dari apakah freon AC bisa habis dan akan mempengaruhi kinerja AC. Teknisi harus memiliki pemahaman yang baik tentang jumlah freon yang dibutuhkan untuk sistem AC tertentu. 

Freon yang ditambahkan terlalu sedikit atau terlalu banyak dapat menyebabkan masalah pada sistem dan menyebabkan penurunan kinerja. Sangat penting untuk menyerahkan pengisian freon kepada teknisi yang telah berpengalaman dan terlatih.

3. Kebocoran Gas Freon

Kebocoran gas freon pada unit kondensor menjadi penyebab paling umum stok freon AC cepat berkurang.

Tak hanya pengisian freon AC yang salah, komponen AC yang sudah tua dan aus juga dapat menjadi penyebab kebocoran. Ini karena seiring berjalannya waktu, engsel dan komponen di dalam AC bisa kendor sehingga menimbulkan kebocoran. 

Untuk itu pastikan Anda membeli AC yang berkualitas agar dapat beroperasi maksimal dalam jangka waktu lama.

4. Umur AC yang Lama

Penyebab lainnya juga bisa karena AC model lama hingga mengalami penurunan performa yang disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk kebocoran freon. Komponen AC yang sudah tua dan aus akan lebih rentan mengalami kebocoran.

Jika AC Anda sudah cukup tua, kemungkinan terjadinya kebocoran freon akan lebih tinggi, hal ini dapat menyebabkan penurunan performa dan perlunya isi ulang freon yang lebih sering. Secara teori, freon AC tidak habis dengan sendirinya dalam kondisi normal. 

Selain itu, perlu dipahami juga bahwa mengisi ulang freon bukanlah solusi jangka panjang terkait masalah kebocoran. Jika terjadi kebocoran pada sistem AC, langkah yang tepat adalah dengan mengidentifikasi dan memperbaiki kebocoran tersebut.

5. Kebocoran Sambungan Pipa

Karena pemasangan yang tidak tepat, sambungan dapat terputus. Jika hal ini terjadi pada Anda, segera ganti dengan yang baru. 

Namun jika sambungan pipa ternyata kendor saja, Anda bisa memperbaikinya dengan mengencangkan sambungan yang kendor tersebut.

Jika Anda mencurigai adanya penurunan freon pada AC Anda, penting untuk menghubungi teknisi AC berpengalaman untuk memeriksa sistem secara menyeluruh, menemukan kebocoran, dan melakukan perbaikan yang diperlukan.

Jika ternyata freon AC Anda bermasalah, maka Anda bisa gunakan jasa service AC Icon Clean. Icon Clean juga menyediakan layanan pemasangan dan perbaikan AC.

Nah, dengan jawaban di atas, pastinya kini Anda sudah tidak penasaran lagi dengan apakah freon AC bisa habis.