AC adalah perangkat elektronik yang memiliki peranan penting di sebuah hunian yaitu untuk mendinginkan ruangan karena itu perlu dirawat dengan baik. Lantas apakah boleh jika cuci AC 6 bulan sekali? Apakah tidak akan ada komponen yang rusak?

Perangkat elektronik satu ini sudah menjadi kebutuhan primer semua orang mengingat Indonesia adalah negara tropis. Jadi, saat musim panas, Anda membutuhkan AC agar tetap nyaman selama di rumah

Cuci AC 6 Bulan Sekali

Banyak yang bertanya-tanya mengenai berapa bulan sekali AC harus dicuci agar tetap bisa bekerja dengan baik. Anda bisa mencuci AC dengan rutin apabila mengalami beberapa tanda yang menandakan komponen harus dibersihkan. 

Frekuensi penggunaan AC menentukan berapa lama seharusnya Anda rutin membersihkan perangkat pendingin tersebut. Berikut ini penjelasan selengkapnya mengenai cuci AC berapa bulan sekali? Apakah bisa jika hanya 6 bulan sekali?

Anda bisa cuci AC 6 bulan sekali apabila Anda menggunakannya setiap hari atau setiap malam. Selain itu, Anda juga perlu membersihkan filter udara setiap 2 hingga 4 minggu sekali agar komponen tetap bisa bekerja dengan baik. 

Adapun pembersihan kimia bisa dilakukan setiap 8 hingga 12 bulan sekali. Sedangkan untuk frekuensi pembersihan AC lainnya yang penting diketahui sebagai berikut. 

1.AC Digunakan Seminggu Sekali

  • Membersihkan kimia setiap 12 bulan sekali.
  • Membersihkan AC secara rutin setiap 6 hingga 8 bulan sekali.
  • Membersihkan filter udara setiap 4 sampai 6 minggu sekali.

2. AC Digunakan Sebulan Sekali atau Kurang dari Itu

  • Melakukan pembersihkan kimia setiap 12 bulan. 
  • Membersihkan filter udara pada pendingin ruangan selama setiap 3 bulan sekali.

Faktor yang Memengaruhi Jadwal Pembersihan AC

Setelah mengetahui jawaban dari cuci AC setiap berapa bulan sekali, berikutnya adalah faktor yang memengaruhi jadwal pembersihan AC. 

1.Lingkungan 

Apabila Anda di lingkungan yang berdebu dengan sedikit tanaman atau pohon sebaiknya rutin membersihkan AC. Hal ini karena debu bisa mengendap di AC dan mempengaruhi sirkulasi udara dalam ruangan.

2. Usia AC

Faktor yang memengaruhi jadwal pembersihan AC berikutnya adalah usia AC. Apabila usia perangkat elektronik tersebut sudah tua, maka Anda perlu cuci AC 6 bulan sekali. Hal ini karena komponen pada AC seperti freon gampang aus serta suku cadang yang versi lama membutuhkan perawatan.

3. Suhu yang Digunakan

Faktor terakhir adalah suhu yang digunakan AC untuk ruangan tersebut. Apabila Anda menyalakan suhu 20 derajat celcius maka Anda perlu sering membersihkan pendingin ruangan tersebut.

Tanda-tanda AC Butuh Dibersihkan

Selain beberapa faktor di atas, ada tanda-tanda yang memudahkan Anda untuk mengetahui waktu cuci AC yang tepat.

1.AC Mengeluarkan Udara Panas

Tanda-tanda pertama adalah AC mengeluarkan udara panas padahal seharusnya mengeluarkan udara dingin. Apabila hal ini terjadi, sebaiknya Anda segera membawa AC ke tempat servis untuk dibersihkan. 

Alasan mengapa perangkat mengeluarkan udara panas adalah karena adanya kotoran yang menumpuk di komponen AC. Apabila dibiarkan terlalu lama khawatir bisa merusak komponen lainnya.

2. Sirkulasi Udara Tidak Maksimal

Selain mengeluarkan udara panas, tanda-tanda bahwa AC butuh segera dibersihkan adalah karena sirkulasi udara tidak maksimal. AC yang mengeluarkan udara panas sudah dipastikan bermasalah sehingga sirkulasi udara akan terganggu. 

Alasan masalah ini bisa terjadi adalah karena adanya kerusakan pada komponen seperti pipa yang tersumbat debu dan kotoran. 

3. Muncul Bau yang Kurang Sedap

Tanda-tanda terakhir yang perlu diperhatikan sebelum membersihkan AC adalah muncul bau yang kurang sedap. Jadi, ketika udara yang dihembuskan AC memunculkan bau kurang sedap, maka Anda perlu segera membawanya ke teknisi untuk dibersihkan. 

Alasan mengapa bau tidak sedap muncul adalah karena adanya partikel debu dan kotoran yang menumpuk pada AC. Jika Anda membersihkan AC secara rutin maka bisa menambah usia pada perangkat pendingin tersebut.

Anda bisa bekerja sama dengan teknisi terpercaya yang bisa membersihkan AC dengan benar dan tepat waktu seperti Icon Clean. 

Icon Clean adalah jasa yang menyediakan layanan membersihkan serta merawat komponen AC. Bagi Anda yang ingin cuci AC 6 bulan sekali bisa menghubungi kami dan nanti akan ada tim terpercaya yang datang membersihkan AC.